knpi1
4 DPK KNPI di Kabupaten Brebes dilantik di Aula Kecamatan Jatibarang, Sabtu (9/12/2023)

4 DPK KNPI di Kabupaten Brebes Dilantik

BREBES – 4 Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Kabupaten Brebes meliputi DPK Larangan, DPK Salem, DPK Songgom dan DPK Jatibarang mengikuti prosesi pelantikan di Aula Kecamatan Jatibarang, Sabtu (9/12/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten 1 Sekda Kabupaten Brebes Drs. Khairul Abidin, M.Si, Camat Jatibarang Sudianto, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes Fajar Adi Widiarso. Kanit Sabhara Polsek Jatibarang Mulyono.

Prosesi pelantikan dihadiri masing – masing ketua dan pengurus harian yakni ketua DPK KNPI Jatibarang Mahfudz Amri, Ketua DPK KNPI Larangan Yoanda Saputra, Ketua DPK KNPI Salem Abdul Latit dan DPK KNPI Songgom Andi Purnomo.

Asisten 1 Sekda Kabupaten Brebes Khairul Abidin menyampaikan, KNPI diharapkan dengan Pemerintah Daerah bergerak bersama untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

” Alhamdulillah IPM Brebes naik dua tangga yakni naik dari semula 67,3 di tahun 2022 menjadi 69,71 di 2023. Yang tadinya urutan terakhir 35 menjadi 33,” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan sambutan dari Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin bahwa Pemuda adalah garda terdepan dan semua berperan untuk membentuk negara ini. Pemuda menjadi kuas gagasan interaktif untuk membuka pintu masa depan.

” Mari eksplorasi hidup dengan semangat dan mbangun jembatan persatuan di tengah perbedaan. Kita harus menyatukan berbagai suku dan agama dalam keberagaman. Pemuda harus menjadi agen perubahan untuk membawa kesuksesan negara,” pesannya.

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Brebes Hendrik Maulana, S.Sos menyampaikan harapan bagi Pengurus DPK KNPI yang baru saja dilantik untuk berkiprah nyata sebagai agen penggerak pembangunan di masyarakat.

” KNPI Brebes juga menyoroti semakin tingginya angka pengangguran, padahal semakin menjamurnya pabrik. Selain itu juga masih menyisakan permasalahan kesehatan sepetti stunting dan juga pendidikan dengan tingginya angka putus sekolah,” paparnya.

KNPI Brebes siap berkolaborasi dengan Pemda untuk mengatasi berbagai persoalan sebagai upaya peningkatan IPM.

Pada kegiatan tersebut juga diadakan diskusi Ngopi (Ngobrol Pemuda Indonesia) terkait Problematika menjelang Ulang Tahun Brebes ke-246.( IPM rendah, pengangguran tinggi, sampah menggunung) dengan narasumber Asisten 1 Sekda Kabupaten Brebes Drs. Khairul Abidin, M.Si dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes Fajar Adi Widiarso.