bocah sd tenggelam di waduk penjalin, tenggelam di waduk penjalin, waduk penjalin, berita Brebes hari ini, polres Brebes,

Bocah SD Tenggelam di Waduk Penjalin Brebes, Begini Kondisinya

 

BREBES, Warta Brebes – Bocah SD tenggelam di Waduk Penjalin Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

Korban adalah MHZ (9) bocah kelas V SD, yang bertempat tinggal di Dukuh Soka RT 17 RW 03, Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan.

Peristiwa nahas tersebut pada Jumat 10 November 2023.

Bermula saat korban tengah bermain bersama teman-temannya di sekitar pinggiran waduk besar tersebut sekira pukul 15.00 Wib.

Kondisi air di Waduk Penjalin kebetulan sedang surut. Korban bersama teman-temannya pun kemudian berenang di tepian waduk.

Namun tiba-tiba korban tidak terlihat setelah masuk ke dalam air. Sementara temannya terlihat panik dan meminta tolong hingga warga berdatangan.

Akhirnya warga dan juga beberapa pemancing ikan yang kebetulan berada di sekitar lokasi langsung menghampiri. Mendapati kondisi tersebut, warga lantas berupaya melakukan pertolongan.

“Pencarian dilakukan pada lokasi terakhir korban berada, seperti ditunjukan warga yang melihatnya,” kata Saeful, salah seorang warga.

Selain dilakukan penyelaman secara manual, upaya pencarian juga dilakukan dengan menyebar jaring. Hal itu biasa dilakukan oleh waga sekitar, saat melakukan pertolongan atau melakukan pencarian korban tenggelam di Waduk Penjalin.

MHZ akhirnya ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, setelah warga dibantu anggota kepolisian beserta sejumlah relawan, melakukan pencarian sekitar 1 jam lamanya di lokasi waduk Penjalin.

“Sekitar pukul 16.10 WIB, titik keberadaan korban berhasil ditemukan. Setelah salah satu relawan berhasil menyentuh tubuh korban di dasar waduk, selanjutnya dilakukan evakuasi” jelas Saeful.

Restu, salah satu relawan dari Winduaji Rescue mengatakan, meskipun kondisi air Waduk Penjalin relatif dalam kondisi dangkal dibandingkan dalam kondisi normal, namun banyaknya tumbuhan ganggang dan kondisi air yang keruh cukup menyulitkan pencarian.

“Ketinggian air sekitar 2 meter, namun terdapat banyak gangga dan lumpur di dasar waduk,” kata Restu.

Setelah berhasil dievakuasi, selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi jenazah korban oleh tim medis Puskesmas Winduaji didampingi Polsek Paguyangan. Diduga korban terpeleset saat berada di pinggiran Waduk Penjalin.

Kapolsek Paguyangan AKP Sunarto, membenarkan kejadian tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan dan memintai keterangan sejumlah warga, jenazah selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga. ***