UMK Brebes 2024,UMK Brebes 2023,UMR Brebes 2023, Upah Minimum 2024, Upah Minimum Regional Jawa Tengah, Kenaikan UMK Brebes 2024, Kebutuhan Hidup Layak Brebes, Bocoran UMK Brebes 2024, Perbedaan UMK dan UMR, Kabupaten Brebes Jawa Tengah,
Ilustrasi pabrik industri di Brebes dan UMK Brebes 2024

UMR Brebes 2023 Rp 2.018.836, Berapa UMK Brebes 2024?, Ini Bocorannya!

 

BREBES, Warta Brebes – Seperti diketahui UMR Brebes 2023 Rp 2.018.836, lalu berapa UMK Brebes 2024?

Sebelum membaca bocoran UMK Brebes 2024, ada baiknya kita fahami antara UMR Brebes 2023 dan UMK Brebes 2023. Keduanya adalah istilah yang sama. Sebab UMK dan UMR adalah dua istilah yang sering digunakan untuk menyebut upah minimum yang berlaku di suatu daerah.

UMK adalah singkatan dari Upah Minimum Kabupaten/Kota, sedangkan UMR adalah singkatan dari Upah Minimum Regional. Apa perbedaan UMK dan UMR?

Perbedaan UMK dan UMR terletak pada tingkat dan wilayah penerapannya. UMK adalah upah minimum yang berlaku di wilayah kabupaten atau kota, sedangkan UMR adalah upah minimum yang berlaku di wilayah provinsi.

UMK ditetapkan oleh dewan pengupahan kabupaten/kota, yang selanjutnya direkomendasikan kepada gubernur provinsi setempat.

UMR ditetapkan oleh dewan pengupahan provinsi, yang selanjutnya diumumkan dan diputuskan oleh gubernur. Baik UMK dan UMR harus memperhatikan kebutuhan hidup layak, inflasi, produk domestik bruto, dan kondisi pasar kerja di daerah masing-masing.

Secara resmi, istilah UMR sudah tidak digunakan lagi dalam regulasi pengupahan di Indonesia. Dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Upah Minimum, istilah yang digunakan adalah UMP dan UMK.

UMP adalah Upah Minimum Provinsi, yang sama dengan UMR tingkat I. UMK adalah Upah Minimum Kabupaten/Kota, yang sama dengan UMR tingkat II. Selain itu, ada juga istilah UMSP dan UMSK, yang merupakan Upah Minimum Sektoral Provinsi dan Upah Minimum Sektoral Kota.

UMSP dan UMSK adalah upah minimum sektoral yang berlaku dalam satu provinsi atau kabupaten/kota, yang harus lebih besar dari UMP dan UMK.

Dengan penjelasan ini, maka istilah yang digunakan dalam artikel ini adalah menggunakan istilah UMK Brebes untuk mengganti istilah UMR Brebes. Toh intinya kedua istilah tersebut berpijak pada term upah minimum.

Upah minimum adalah besaran upah terendah yang harus dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja di suatu daerah. Upah minimum ditetapkan untuk melindungi pekerja dari eksploitasi dan kemiskinan, serta untuk meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas pekerja.

Upah minimum di Indonesia dibagi menjadi dua tingkat, yaitu upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten/kota (UMK). UMP adalah upah minimum yang berlaku di wilayah provinsi, sedangkan UMK adalah upah minimum yang berlaku di wilayah kabupaten atau kota.

UMK harus lebih besar dari UMP, karena UMK mempertimbangkan kebutuhan hidup layak di daerah masing-masing.